BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 17 Desember 2009

Beberapa Ekskul di Smansa Wonogiri

Bismillah..

Ekstrakulikuler atau eskul merupakan suatu wadah bagi siswa yang ingin menyalurkan bakat, minat, atau hobinya sehingga lebih terfasilitasi, kegiatan nonakademik ini berada di dalam sekolah kadang juga di luar sekolah (bila diizinkan). 

Penulis aktif berkecimpung di ekstra BTA dan nonaktif (hanya kalau ada kegiatan besar saja ikutnya, karene pelaksanaan ekstranya yang bertepatan dengan BTA) di KIR. Waktu awal-awal juga pernah nimbrung PRAMUKA, namun karena bertumbukan dengan kegiatan lain jadi harus bisa merelakan yang satu dari yang lain. 

Di mulai dari yang penulis ketahui => BTA
Baca Tulis Al-qur’an itulah kepanjangannya (yang pasti pembaca juga sudah tahu).
Ekstra ini dilaksanakan setiap hari Senin, dengan Pembina ibu Eka, guru agama kelas XI dan kalau yang akhwat (perempuan, jamak) dimotori oleh ukhty (saudaraku) Fathimah Nurul Insani. Ekstra ini biasa dilaksanakan di ruang kelas XI IPA 1, karena dedengkotnya menempati ruang ini atau yang dulu disebut ruang serba guna. Ekstra ini dilaksanakan sepulang sekolah dengan ishoma terlebih dahulu. Acara ini dibuka oleh sang ketua dilanjutkan dengan pembacaan kitab suci Al-qur’an secara bergantian dan yang lain menyimak, jika ada salah dibetulkan oleh yang lain, selanjutnya kadang ada penjelasan hukum tajwid oleh sang ketua kadang pula oleh bu Eka. Di bawah ini ada program kerja BTA (semoga bisa terlaksana semua):
1. mengadakan dan mengaktifkan ekstra BTA setiap pecan.
2. mengadakan dauroh Al-qur’an.
3. mengikuti kegiatan lomba di tingkat kecamatan dan kabupaten.
4. mengadakan Buka Bersama saat Ramadhan.
5. mengadakan pembelajaran khusus (privat) bagi anggota ekstra yang belum lancer membaca Al-qur’an.
6. mengadakan pertemuan bersama ekstra BTA ikhwan (putra) dan akhwat (putri).
7. mengadakan infaq setiap ekstra BTA.]
8. mengadakan dan mengaktifkan QLC (Qur’an Lovers Community) setiap pecan.
9. melengkapi sarana dan prasarana.
Ini merupakan proker yang penulis ketik ulang dari proker Subsekbid BTA yang ada di OSIS.

Kedua => KIR
Karya Ilmiah Remaja. Ekstra ini dilaksanakan setiap hari Senin (pula) sepulang sekolah. Dari dengar-dengar yang penulis peroleh di setiap ekstra ada pembicara yakni dari kelas XI, di setiap ekstra ada pula iuran kas. Kegiatan yang diadakan KIR antara lain adalah pertemuan rutin sebagaiman penulis ceritakan di atas, ada pula AMT (Achievement Motivation Training) yaitu pelatihan motivasi agar berprestasi dilaksanakan 2 kali per tahun, ada penelitian keluar (kalau yang ini penulis mengikuti yang pergi ke kebun teh Karanganyar dilanjutkan ke pabriknya dan tak ketinggalan ke Grojogan Sewu, hmm pengalaman yang delicious, berdingin-dingin di bawah ciptaan Allah, menerima sentuhan-sentuhan kecil air yang mak nyus pokoknya  informasi selengkapnya bisa dikunjungi asysya.blogspot.com), dan pelantikan yang insyaAllah akan dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2009 nanti).

Penulis juga pernah mencicipi ekstra PRAMUKA, tak ada salahnya diceritakan pula. Ekstra ini dilaksanakan setiap hari Jumat, dimulai (kalau tidak) jam 13.30 WIB (ya) jam 14.00 WIB. Ada banyak kegiatan PRAMUKA yang menyenangkan, menantang, dan seru, unfortunately pada hari Jumat bentrok dengan acara lain sehingga penulis memilih keluar dari PRAMUKA setelah beberapa kali pertemuan melayangkan surat izin.

Sekian ya diskripsi penulis mengenai ekstra (yang penulis ikuti).  keep bloggong!!

O iya pengen ni ada ekstra TIK, jadi menampung kita-kita yang demen ma ilmu komputer, blogging, mengembara ke dunia maya, dan kawan-kawannya, jadi kan kita lebih terarah gitu, kita punya pagar yang siap mengantarkan kita ke jenjang kesuksesan.
(hehe, semoga ada respon  xie-xie)

1 komentar: